Memilih Cat Tembok Ramah Lingkungan dengan Kadar VOC Rendah

Banyak sekali merek dan jenis cat tembok di pasaran, dengan aneka warna dan ragam aplikasi yang dapat anda pilih. Namun anda tentu ingin mengecat rumah anda dengan cat ramah lingkungan. Mendapatkannya pun mudah, anda bisa membeli di toko terdekat dari lokasi anda atau memesan secara daring dan diantarkan kurir.

 

 

Perkara memilih cat tembok ternyata bukan hanya soal pilihan warna atau aplikasi, namun juga memastikan cat yang anda pilih  bebas dari bahan kimia berbahaya yang mengancam kesehatan anda dan keluarga.

 

Ukuran kandungan kimiawi berbahaya dalam cat disebut volatile organic compounds (VOC). VOC merupakan komponen kimia yang menguap di udara ketika mengaplikasikan cat atau ketika dalam proses pengeringan. Emisi dari cat dan pelapis dekoratif dan arsitektural pada umumnya hanya kurang dari 1% dari keseluruhan VOC di udara. VOC digunakan sebagai elemen penting yang mengikat molekul-molekul dalam produk cat agar cat tersebut tetap menempel di tembok, solvent atau thinner dalam cat merupakan asal dari emisi VOC. VOC biasanya diukur dalam gram per liter (g/L), yaitu berat VOC per volume pada suatu produk. Ini juga dapat diukur sebagai emisi yang dikeluarkan dalam satuan mikrogram per meter kubik pada cat basah (µg/m3). Umumnya, cat dengan VOC tinggi dapat diketahui dari bau yang menyengat saat pengaplikasian atau pengeringan.

 

Mowilex berdedikasi untuk menjadi cat ramah lingkungan dengan mematuhi standar VOC yang berlaku. Di Indonesia sendiri, belum ada peraturan mengenai kadar VOC yang harus ditaati, namun Mowilex sudah menjadi yang pertama menggunakan bahan dasar air sejak 1970 dan sudah terlebih dahulu mengikuti aturan global yang ada di dunia. Mowilex menggunakan standar-standar kualitas udara yang diterapkan oleh South Coast Air Quality Management District (Distrik Pengelolaan Kualitas Udara Pantai Selatan, SCAQMD) di California, Amerika Serikat yang membatasi kadar VOC untuk berbagai macam pelapis, efektif dari tanggal 1 Januari 2019. Sebagai pemimpin dunia dalam hal standar-standar lingkungan, batas-batas kadar VOC di California adalah lima kali lebih kecil dari yang ditentukan oleh badan EPA (Environmental Protection Agency, Lembaga Perlindungan Lingkungan) di Amerika Serikat dalam hal-hal tertentu. Sebagai perbandingan, batas kadar VOC yang ditentukan oleh SCAQMD untuk cat dan pelapis dekoratif dan arsitektural secara umum adalah 50 g/L (gram/Liter), tetapi dari EPA batas yang ditentukan adalah 250 g/L.

 

Pastikan memilih cat rendah VOC atau bahkan zero VOC untuk kesehatan anda sekeluarga dan kualitas udara lingkungan yang lebih baik. Mowilex merupakan cat pilihan yang ramah lingkungan dengan standar ketat dalam penggunaan VOC. Baca lebih lengkap laman FAQ tentang Komitmen Mowilex mengenai kadar VOC untuk menjaga lingkungan.