Lindungi rumah dari bocor dengan Mowilex WP02

Lindungi Tembok Rumah dari Rembes & Bocor di Musim Hujan

Musim penghujan telah tiba, ada baiknya kita mulai bersiap untuk melindungi tembok rumah dari resiko rembes, bocor, atau retak akibat terpapar air dan kelembaban udara yang tinggi. Sebelumnya, kita perlu mengetahui faktor apa saja yang dapat menyebabkan tembok rusak di kala musim penghujan. Ada 4 penyebab yang paling umum:

  • Pipa drainase yang tersumbat dapat membuat tembok rusak
  • Tampias (percikan) air hujan yang terlalu sering dan terlalu lama dapat mengakibatkan tembok menjadi basah dan lembap
  • Atap bermodel miring (sloped roof) berpotensi menimbulkan konsentrasi air (kubangan) yang dapat meresap masuk ke dalam rumah melalui celah-celah di tembok
  • Embun dan udara yang sangat lembap dapat naik lebih tinggi dari permukaan tanah dan merusak tembok

Ini adalah masalah paling umum yang ditemui ketika musim penghujan. Karena sekarang kita sudah mengetahui penyebabnya, saatnya mencari tahu cara pencegahan dan solusinya.

  1. Periksa dan tutup keretakan di tembok

Area dekat kusen pintu atau jendela umumnya adalah area yang paling sering ditemui keretakan. Hal ini bisa memicu udara lembap atau air masuk melalui celah keretakan. Putty atau semen putih seperti Mowilex Alcaplast Skimcoat White bisa menjadi material yang cocok digunakan untuk menutup celah dan mencegah air atau udara lembap masuk ke dalam.

  1. Lapisi tembok luar dan atap dengan WP 02 Waterproof Mowilex

Tembok luar kerap kali kurang diperhatikan ketimbang interior, padahal basah atau lembap dari tembok luar dapat masuk dan teresap hingga ke dalam.

Untuk itu anda perlu melapisi tembok luar, termasuk atap anda dengan cat tembok kedap air (waterproof). Untuk bidang vertikal seperti tembok luar, anda bisa menggunakan Mowilex WP02 Waterproof . Melapisi tembok dengan Mowilex WP02 Waterproof mencegah masuknya air ke dalam rumah, sangat krusial terutama di musim hujan.

  1. Grunting atau melapisi tembok dengan campuran semen

Melapisi tembok dan pipa dengan cara menyemprotkan campuran semen tipis. Metode ini tidak hanya mampu menutup celah keretakan namun sekaligus menambah pelindung dari paparan air atau kelembapan udara.

 

Apabila rumah anda selalu mengalami masalah di musim penghujan, ada baiknya mulai mencoba tips di atas agar anda sekeluarga bisa tetap tenang dan nyaman di kala hujan.