membangun rumah

Membangun Rumah dalam Waktu Singkat, antara Mitos dan Fakta

Idealnya mendirikan hunian memang bukan proses yang cepat. Banyak hal yang harus diperhitungkan dan dikerjakan mulai dari pengerjaan tanah, membangun fondasi, rangka bangunan, hingga membangun atap, tembok, sistem air, ventilasi udara dan hal lainnya. Belum lagi memperhitungkan faktor lain seperti luas tanah yang akan dibangun, ketersediaan tenaga pekerja yang akan membangun, kecukupan dana, material bangunan dan lainnya.

 

 

Anda mungkin pernah memiliki pengalaman dengan kontraktor yang bisa menjanjikan bangunan berdiri dalam waktu yang singkat. Atau mungkin anda pernah melihat sendiri bangunan yang didirikan sangat cepat dan membuat bertanya-tanya apakah kualitas hasil bangunannya kokoh dan bagus? Apakah waktu pembangunan yang singkat mengakibatkan kualitas bangunan lebih rapuh? Mari kita bahas tentang mitos dan fakta tentang membangun rumah dalam waktu singkat.
 
MITOS: Mendirikan hunian memakan waktu lama
FAKTA: Proses pembangunan rumah saat ini lebih cepat dari beberapa tahun lalu
 
Secara statistik, membangun rumah di atas tanah dengan area kurang lebih 1,000 meter persegi memakan waktu rata-rata 6 bulan. Namun perkembangan teknologi terutama di bidang civil engineering banyak membawa perubahan terhadap proses pembangunan fisik. Mitos bahwa mendirikan hunian harus memakan waktu lama agar kualitasnya terjamin bukanlah suatu yang pasti, karena saat ini banyak peralatan dan material bangunan modern yang dapat mempersingkat waktu kerja, menekan biaya dan membuat semua proses pembangunan menjadi efisien.

 

Campuran semen instant, sebagai contoh, adalah salah satu produk baru yang mampu mempersingkat waktu pembangunan. Jika dulu proses semen mulai dari pencampuran, pengadukan, pengaplikasian hingga pengeringan dapat memakan waktu berhari-hari, kini membutuhkan waktu yang lebih singkat.
 
MITOS: Bangunan yang didirikan dalam waktu singkat kualitasnya akan buruk
FAKTA: Pemilihan material bangunan yang tepat tidak hanya mempersingkat waktu kerja tapi juga meningkatkan kualitas bangunan
 
Bangunan yang cepat didirikan seringkali dianggap berkualitas buruk, rapuh dan tidak tahan lama. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Memang tidak bisa dipungkiri, pengerjaan yang tergesa-gesa dengan perencanaan yang kurang matang dapat saja menimbulkan masalah pada bangunan anda di kemudian hari. Namun pemilihan material bangunan serta bahan pendukung yang tepat bisa mempersingkat waktu kerja serta sekaligus juga meningkatkan kualitas bangunan.
 
Proses pengecatan interior dan eksterior, contohnya, bisa memakan waktu lama saat pengaplikasian dan pengeringan. Hal ini seringkali disebabkan karena umumnya tembok memiliki banyak pori dan lubang yang mengakibatkan cat akan banyak terserap oleh tembok. Agar cat menempel baik, proses cat perlu diulang berkali-kali, yang mengakibatkan waktu kerja jadi lebih panjang dan biaya bertambah. Namun hal ini bisa disiasati dengan menggunakan pelapis tembok yang memastikan dinding bebas pori dan lubang sehingga cat tidak banyak terserap, akan menempel lebih sempurna dan tentunya lebih cepat kering karena cat hanya menempel di permukaan dinding, tidak terserap ke dalam. Bukan saja hanya mempersingkat waktu, hal ini juga menghemat biaya karena penggunaan cat lebih efisien.
 

Rangkaian solusi bangunan Mowilex akan membantu anda dalam proses pengerjaan hunian lebih cepat, efisien dan tentunya dengan hasil yang memuaskan. Mulai dari semen instan Mowilex® Alcaplast Skimcoat, pelapis anti bocor Mowilex® Alcaproof, solusi keretakan dan masalah tembok yaitu Mowilex® Alcaplast Repair serta Mowilex Alcasit untuk penggunaan semen yang lebih efisien. Semuanya bisa anda dapat di toko terdekat di lokasi anda atau di toko resmi Mowilex di Blibli dan Shopee.