Membuat Bangunan Berkarakter dengan Tembok Bertekstur

Membuat Bangunan Berkarakter dengan Tembok Bertekstur

 

Permukaan tembok bertekstur memiliki keunikan tersendiri ketimbang tembok yang halus dan rapat seperti yang biasa kita lihat. Tembok bertekstur memang memiliki daya Tarik, namun untuk membuatnya juga diperlukan perencanaan yang matang serta pemilihan material yang tepat mulai dari semen, acian hingga cat yang digunakan. Mari kita bahas satu persatu jenis tembok bertekstur.

 

 

Ini dia cara pembuatan serta cat yang tepat untuk mewarnainya!

 

1. Tembok Kamprot

 

Tembok kamprot dihasilkan dari dinding bata yang dilapisi dengan plaster yang terbuat dari pasir dan kerikil halus yang dicampurkan dalam adukan semen. Hal ini akan membuat tembok memiliki tekstur timbul. Untuk membuat tembok kamprot yang menarik, pilihlah material semen yang baik seperti Mowilex, lalu tambahkan pasir dengan tingkat halus atau kasar yang anda inginkan. Pemilihan kedua material ini akan menentukan hasil tingkat kekasaran tembok. Cara pengaplikasiannya yakni dengan melapisi tembok bata, bisa dengan menggunakan sendok semen atau kompresor penyemprot. Tutup seluruh bidang area tembok dengan lapisan ini, dan biarkan mengering tanpa perlu dihaluskan. Hasilnya adalah tembok kamprot yang menarik dan unik.

 

2. Tembok Kulit Jeruk

 

Tembok ini memiliki ciri khas yaitu memiliki pori yang sekilas terlihat seperti kulit jeruk. Untuk membuat tembok anda terlihat seperti ini, dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan cat tembok. Untuk cara pertama ini, anda membutuhkan cat tembok yang masih kental dan belum banyak tercampur air atau thinner. Lapisi tembok bata anda dengan cat kental tersebut menggunakan roller atau kuas besar dan biarkan mengering. Cat kental dan tebal yang mengering akan tampak timbul dan memberikan tekstur yang cantik untuk tembok anda. Anda juga bisa melapisinya berulang-ulang agar efek tekstur lebih terasa.

 

Cara kedua adalah dengan melapisi menggunakan semen tipis. Anda bisa mencampurkan sedikit saja semen dengan air, lalu aplikasikan dengan menggunakan sendok semen atau penyemprot dengan kompresor. Semen tipis tidak memiliki kerapatan seperti semen pada umumnya sehingga akan meninggalkan pori yang Nampak elegan sebagai tekstur dinding anda.

 

3. Tembok Tekstur Tali atau Sulur

 

Tekstur tembok ini memiliki efek timbul seperti tali atau sulur. Efek ini dihasilkan dengan menggunakan garpu tanah atau penyapu daun (rake) yang digoreskan pada permukaan semen tipis. Apabila anda menginginkan tekstur yang lebih rapi, anda juga bisa menggunakan atau membuat cetakan Panjang untuk kemudian diisi dengan campuran semen, pasir dan air. Tekstur ini tampak unik untuk hunian atau bangunan anda.

 

 

4. Tembok Grass

 

Efek yang dihasilkan dari tekstur ini menyerupai rerumputan. Untuk melakukannya, caranya cukup sederhana yakni dengan menyapukan sapu lidi ke area tembok yang telah disemen sebelum mengering. Tekstur ini tampak elegan dan membumi, cocok diaplikasikan pada hunian anda

 

5. Tembok Venetian Plaster

 

Tekstur ini memberikan efek berkarakter pada hunian anda. Cara pengaplikasiannya adalah dengan melapisi tembok yang sudah diratakan dengan campuran gypsum tipis yang diratakan secara acak atau random. Hasilnya adalah tembok berkarakter yang mengesankan bangunan vintage namun tetap terasa megah.

 

Apabila anda berencana ingin membuat hunian atau bangunan anda memiliki karakter dan keindahan tersendiri, anda bisa mencobanya dengan dinding bertekstur. Jangan lupa memilih material yang baik dan berkualitas, cek katalog produk Mowilex untuk semen, plester dan cat tembok yang sesuai dengan keinginan dan budget anda. Semua produk Mowilex bisa anda dapatkan di toko terdekat dari lokasi anda atau dapatkan secara daring di official store Mowilex Blibli dan official store Mowilex di Shopee.