7 Inspirasi Teknik Cat Tembok Dekoratif untuk Ruangan Anda

 

 

Anda mungkin bosan dengan cat tembok polos yang menghiasi dinding ruangan anda dan berencana ingin mengubah suasananya menjadi lebih hidup, dinamis dan tidak terasa kaku. Beberapa inspirasi teknik cat dekoratif berikut pas sekali untuk anda coba, dan juga dapat diaplikasikan di berbagai ruangan di rumah mulai dari kamar tidur, kamar anak, ruang keluarga bahkan hingga kamar mandi. Yuk kita cek, teknik mengecat tembok yang lebih artistik dan dekoratif agar hunian anda tidak terasa kaku dan membosankan.

  1. Teknik Separasi Warna

Teknik cat dekoratif ini sangat cocok apabila anda ingin memiliki beberapa warna berbeda, seperti misalnya garis hitam-putih di sepanjang dinding. Hal terpenting untuk Teknik ini adalah separasi warna dengan menggunakan masking tape atau penutup tembok lainnya saat mengaplikasikan satu warna. Apabila satu warna sudah selesai dicat dan dikeringkan, anda bisa mulai mengelupas masking tape atau penutup tadi dan mengecat warna tambahan. Cukup mudah bukan?

 

  1. Teknik Spons

 

Mengecat tembok dengan roller atau kuas jelas sudah biasa, namun pernahkah anda mencoba mengecat dengan menggunakan spons? Tembok anda akan memiliki efek tekstur yang cantik dan lebih dinamis. Apabila anda memilih padu padan dan kontras warna yang cocok, anda juga dapat membuat efek shading dengan teknik ini

 

  1. Teknik Percikan (Splash)

Pernah melihat lukisan abstrak Jackson Pollock yang dihasilkan dari memercikkan tinta di atas kanvas? Anda bisa melakukan hal yang sama pada tembok anda, dengan sedikit modifikasi. Pada bidang kecil seperti kanvas, memercik cat dari kuas memang bisa dilakukan, namun bidang luas seperti tembok memerlukan teknik lain seperti misalnya menggunakan bulu kemoceng yang dicelupkan ke cat untuk membuat tekstur guratan yang mirip seperti percikan. Hal ini membuat tembok anda memiliki terasa lebih artistic dan menarik.

 

  1. Teknik Sikat/Bristle

Teknik ini menciptakan tekstur pada dinding dengan menggunakan sikat, seperti sikat cuci pakaian atau sikat kamar mandi. Jenis sikat yang anda gunakan akan menentukan hasilnya, semakin kasar bulu sikat yang dipakai, tekstur akan semakin jelas dan besar. Sementara jika menggunakan sikat yang halus, tekstur lebih kecil dan subtle. Silakan anda pilih yang cocok dengan ruangan yang ingin anda percantik.

  1. Teknik Dry Brush

Teknik dry brush akan memberikan kesan pudar dan vintage pada ruangan anda, layaknya rumah kuno atau bangunan bersejarah. Cara ini dapat diaplikasikan dengan cara menggunakan menyapukan kuas kering di atas cat yang hampir kering. Hal ini akan membuat cat pada tembok sedikit memudar dan memberikan tekstur yang sangat menarik.

 

  1. Teknik Kertas Tempel

Tekstur yang dihasilkan dari Teknik ini berasal dari kertas yang telah dikerutkan, misalnya kertas yang dibentuk menjadi bola. Cara pengaplikasiannya adalah dengan menempelkan kertas tersebut sesegera mungkin pada tembok yang telah selesai dicat. Hasilnya adalah tekstur cantik yang membuat ruangan anda tampak lebih menarik.

 

  1. Teknik Tekstur Kain

Teknik terakhir adalah tekstur kain. Cara ini mirip dengan Teknik kertas, yaitu dengan menempelkan kain bekas pada bagian dinding sehabis dicat. Sebagian cat akan menghilang terserap kain, meninggalkan tekstur pudar yang artistik dan tidak membosankan.

Perlu diperhatikan tidak semua cat tembok akan cocok untuk dipakai sebagai cat dekoratif. Beberapa jenis cat terlalu kental atau bahkan terlalu encer sehingga sulit untuk dimodifikasi. Cat tembok terbaik untuk mendekorasi ruangan anda adalah Mowilex Emulsion yang memiliki tampilan akhir matt yang sangat elegan serta mewah. Apakah anda sudah siap mempercantik dinding ruangan anda? Dapatkan segera produk Mowilex di toko terdekat dari lokasi anda atau secara daring di official store Mowilex Blibli dan official store Mowilex di Shopee.