Panduan Langkah Mengaplikasikan Cat Mowilex

Mengecat tembok rumah adalah tahapan terakhir untuk memberikan keindahan pada hunian Anda. Tahapan mengecat biasanya dilakukan oleh aplikator atau tukang bangunan dalam pembangunan rumah baru, namun apakah Anda sudah mengetahui tahapan tepat pengaplikasian cat?

 

Ketahui tahapan cat yang benar agar tidak tertipu aplikator atau tukang bangunan yang tidak bertanggung jawab dan sembarangan di dalam menyelesaikan pekerjaannya. Sehingga pada akhirnya, hasil cat tak akan maksimal serta tak dapat bertahan lama.

 

Sebelum Anda mulai mengaplikasikan cat Mowilex, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan cat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mowilex memiliki berbagai varian kategori cat dengan formula yang dirancang untuk berbagai jenis permukaan dan kondisi cuaca. Pastikan Anda memilih cat yang tepat untuk dinding interior atau eksterior hunian Anda, serta sesuai dengan iklim tempat tinggal Anda.

 

 

Cat Dasar Dinding Menggunakan Mowilex Wall Sealer

 

Cat Dasar Dinding Menggunakan Mowilex Wall Sealer

 

Setelah proses dinding selesai dan kering sempurna, tukang harus menggunakan Mowilex Wall Sealer sebagai cat dasar sebelum mengecat tembok. Dengan Mowilex Wall Sealer yang memiliki kandungan tinggi anti alkali, dinding akan terlindungi dari jamur, lumut serta membuat warna cat top coat jadi lebih merata.

Mengecat Sudut Dinding Menggunakan Cat Warna

 

mengaplikasikan cat warna

 

Setelah pengaplikasian cat dasar Mowilex Precoat Sealer selesai, biarkan kering sempurna selama 2 jam atau lebih, untuk memastikannya tukang bisa menggunakan alat Protimeter untuk mengukur kadar kelembapan dinding. Setelah kering sempurna, tukang bisa mulai melakukan proses pengecatan top coat dengan menggunakan cat warna.

 

Awal pengecatan yang benar adalah dimulai dari pengecatan sudut-sudut terlebih dahulu dengan menggunakan kuas, setelahnya tukang dapat mengerjakan keseluruhan bagian tembok/dinding dengan menggunakan roll cat. Pastikan roll yang digunakan cukup berkualitas sehingga cat dapat menyebar dan menutup bidang tembok dengan maksimal. Lakukan pengecatan sebanyak dua lapis atau hingga warna rata sempurna dengan waktu tunggu dari lapis pertama ke aplikasi lapisan berikutnya adalah sekitar 2 jam.

Tips Mengecat Bidang yang Lebar Menggunakan Roll Cat

 

menggunakan roll cat

 

Hindari mengangkat roll sebab dapat membuat warna menumpuk serta hasilnya jadi tebal tipis yang tidak merata. Agar lebih mudah, pakai pola roll berbentuk “V”. Setelah semua tembok dilapisi cat, ulangi pengecatan ke arah yang berlawanan. Jika Anda mulai dari kiri ke kanan, sekarang Anda bisa melakukan pengecatan ulang dari arah kanan ke kiri dengan pola berbentuk “V”. Ini untuk menutupi garis-garis bekas roll cat yang sebelumnya.

Perawatan Alat Cat dan Penyimpanan Cat

 

Perawatan Alat Cat

 

Setelah selesai mengecat, pastikan untuk membersihkan peralatan cat dengan benar. Jangan biarkan cat mengering pada kuas atau roll cat, karena hal ini dapat merusaknya. Anda dapat menutup kaleng cat dengan plastik terlebih dahulu sebelum ditutup rapat kembali. Jauhkan cat dari tempat panas atau mudah terbakar.

 

Demikian langkah mengaplikasikan cat Mowilex dengan tepat. Tahapan serta teknik di atas penting Anda perhatikan. Itu karena, jika salah dalam pengaplikasian, bisa saja hasil cat malah tak bertahan lama atau kurang bagus.