Kolam renang di hunian

Membangun Kolam Renang di Hunian Pribadi? Ikuti Tips Berikut!

Memiliki kolam renang pribadi di rumah pasti merupakan idaman banyak keluarga. Tidak lagi perlu bepergian keluar ke tempat renang umum, membayar tiket, mengantri dan berdesakan dengan banyak pengunjung lain hanya untuk berenang. Jika anda membutuhkan kesegaran di hari yang panas, atau ingin sekedar membakar kalori dengan berenang, anda bisa melakukannya di rumah sendiri.

 

Membangun kolam renang pribadi bukanlah perkara mudah dan singkat. Perlu banyak hal yang dicermati sebelum menentukan dan membangun kolam renang. Proses perencanaan dan pembangunan awal adalah kunci dari kolam renang yang kuat serta tidak mudah bocor dan mudah dirawat sehingga nyaman untuk digunakan seluruh anggota keluarga. Jika anda sudah lama mengidamkan kolam renang pribadi, yuk ikuti tips berikut untuk mewujudkannya!

Jika anda sudah yakin anda memiliki cukup lahan untuk digali sebagai kolam dan telah memasang pipa untuk sistem pengairan kolam, anda akan melanjutkan ke proses pemasangan batu bata dinding kolam serta konstruksi lantai dasar. Lantai dasar memudahkan pengerjaan tahapan proses berikutnya, sementara dinding batu bata berfungsi untuk menahan cetakan cor beton.

 

Tahap berikutnya adalah langkah krusial dalam pembangunan kolam. Ada dua hal utama yang harus sangat diperhatikan saat membangun kolam renang pribadi agar tidak mudah bocor dan mudah dirawat, yang pertama adalah merapatkan pondasi dasar kolam dan kedua adalah pengaplikasian pelapis kedap air (waterproof) agar kolam tidak mudah bocor.

 

1. Beton Dasar Kolam

Pastikan beton yang dipakai sebagai dasar kolam anda telah terlapisi baik, tanpa lubang ataupun pori. Anda bisa menguji kerapatannya dengan melakukan tes rendam agar anda yakin kolam anda tidak mudah bocor di kemudian hari.

 

2. Pengaplikasian waterproof

Setelah beton dasar kolam mengering dan terjamin tidak bocor, lakukan proses pelapisan kedap air di setiap sisi, termasuk bagian luar kolam. Hal ini bertujuan agar ketika diisi air nantinya, maka lapisan kedap air mampu mencegah air merembes melalui pori beton. Untuk tahap ini sangat disarankan untuk menggunakan Mowilex® Alcaproof yang merupakan pelapis waterproof yang memiliki dua sistem komponen (tepung dan emulsi cair) yang membentuk lapisan tahan air yang sangat kuat. Mowilex® Alcaproof memiliki daya rekat yang tinggi, daya lentur yang baik, serta daya tolak air yang baik serta sangat mudah diaplikasikan.

 

Jika dua proses krusial itu terlaksana dengan lancar, dapat dipastikan kolam renang anda akan bebas bocor di kemudian hari. Hal terakhir dalam membangun kolam renang adalah proses finishing, yaitu menambahkan elemen estetik dan dekoratif kolam seperti keramik. Hal ini juga penting diperhatikan agar anda memilih material yang baik dan mudah dibersihkan. Menggunakan Mowilex® Precoat Waterproofing Sealer sebagai pelapis dinding kolam adalah pilihan yang tepat.

 

Semua produk Mowilex bisa anda dapatkan di toko terdekat dari lokasi anda atau secara online di oko resmi Mowilex Blibli atau toko resmi Mowilex Shopee. Semoga artikel ini membantu anda yang berencana membangun kolam renang pribadi untuk keluarga di rumah ya!