Cara membersihkan cat akrilik

Cara Membersihkan Cat dari Pakaian Anda, Dari Akrilik hingga Minyak

Jika pakaian anda pernah terkena cat, pasti akan ada perasaan “sayang” terhadap pakaian anda, terlebih lagi kalau itu pakaian kesayangan. Noda cat berbahan dasar minyak jauh lebih sulit dihilangkan daripada cat akrilik berbahan dasar air. Anda diharuskan untuk bertindak cepat saat cat terpercik ke pakaian. Tetapi, jika sudah terlanjur kering, anda bisa menggunakan barang – barang yang ada di sekitar rumah.

 

 

Dikutip dari My Modern Met pada Rabu, (29/3/2023),

 

Ini beberapa tips untuk menghilangkan noda cat pada pakaian Anda:

 

1. Jangan biarkan noda mengering

Segera bersihkan pakaian anda jika terkena cat. Karena, noda jauh lebih sulit dihilangkan saat sudah kering dan mengeras.

 

2. Sebelum menghapus noda pada pakaian, hapuslah terlebih dahulu noda yang berlebihan

Jika ada noda berlebihan di atas kain, Anda bisa menggunakan sendok atau pisau palet. 

 

3. Terdapat beberapa bahan yang tidak bisa untuk menghilangkan noda

Bahan pakaian yang tebal lebih tahan noda dibandingkan dengan bahan halus seperti sutera. Tetapi apapun bahannya, pastikan bahwa cara membersihkannya sudah sesuai.

 

Ketika pakaian Anda tidak sengaja terkena cat, berikut adalah bahan – bahan yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan noda:

 

1.  Detergen Cair

Cara ini adalah cara paling populer untuk menghilangkan cat berbahan dasar air dari pakaian Anda. Pertama, alirkan air hangat ke noda. Kemudian, buatlah larutan penghilang noda (kain lap yang telah direndam dalam air dicampur dengan sedikit deterjen. Biarkan beberapa menit sebelum Anda menggosok noda dan merendamnya kembali di bawah air. Jika noda tetap ada, ulangi prosesnya sampai hilang.

 

2. Menggosok noda dengan alkohol, aseton atau hand sanitizer

Anda lebih disarankan untuk menggunakan alkohol. Aseton juga bisa dipakai tetapi dapat merusak wol dan sutra. Jangan gunakan pada item dengan kandungan kain yang mengandung asetat, modakrilat, atau triasetat.

 

3. Lakban 

Anda harus memastikan kainnya kering sebelum membersihkannya. Kemudian, gunakan sikat gigi (atau yang serupa) untuk melonggarkan pigmen. Terakhir, gunakan lakban yang lengket untuk mengambilnya sebanyak mungkin.

 

4. Penghilang Cat Berbasis Minyak

Pastikan Anda memiliki ventilasi yang baik atau memakai masker sebelum melakukan aktivitas ini. Mulailah dengan meletakkan kain, noda, di atas handuk atau lap bersih. Kemudian, bersihkan noda dengan thinner atau terpentin. Setelah selesai, gunakan campuran air dan deterjen untuk merendam noda selama 8 hingga 12 jam. Lalu, bilas dengan air dan cuci seperti biasa.

 

 

Ingin tahu lebih detail mengenai inovasi terbaru Mowilex, kunjungi kami di:

 

Website

Instagram @mowilexid

Facebook Page Mowilex

Youtube